Senin, 25 Juni 2012

Warga Miskin di Kota Palopo

Warga miskin di Kota Palopo memprotes Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, kemarin. Sebab, mereka pada April-Juni atau triwulan II/2012 tidak menerima beras miskin (raskin). Warga yang tidak lagi tercatat sebagai penerima raskin mempertanyakan alasan nama mereka diganti dengan warga lain yang sebelumnya tidak tercatat sebagai penerima raskin. Di kelurahan Luminda,Kecamatan Wara Utara,misalnya, sekitar 117 rumah tangga sasaran (RTS) memprotes Lurah Luminda David.Mereka memprotes karena tidak lagi mendapatkan jatah raskin dari pemerintah.

Mereka menilai pengurangan RTS raskin di Kelurahan Luminda, tidak tepat. Sebab warga yang dikeluarkan dari daftar penerima raskin masih masuk kategori RTS, karena berasal dari keluarga kurang mampu. ”Saya keberatan nama saya dicoret sebagai penerima raskin bulan April-Juni. Karena sebelumnya saya masih tercatat sebagai penerima taskin.

Bahkan, saya sudah empat tahun tercatat sebagai penerima raskin dari pemerintah,” kata Dahlia,salah seorang warga Luminda. Alasan kehidupan keluarganya sudah membaik dan tidak lagi masuk sebagai RTS raskin,dinilai keliru oleh wanita beranak lima ini.“Suami saya memang punya motor dipakai ngojek,tetapi motor itu masih cicilan.Saya keberatan dan akan mempertanyakan alasan nama saya dikeluarkan sebagai penerima raskin,”katanya.

Puluhan warga Kelurahan Penggoli, Salutellue, Pontap, Surutanga,dan beberapa kelurahan lainnya di Kota Palopo, ikut memprotes namanya tak tercantum sebagai penerima raskin triwulan II/2012. Alasan mereka beragam,kehidupan mereka selama ini sangat terbantu dengan bantuan raskin sebanyak 15 kilogram (kg) per bulan, sebagai penopang kebutuhan keluarga. “Raskin sangat membantu kami selama ini.

Tetapi kalau kami dikeluarkan sebagai penerima raskin karena alasan punya motor, tidak tepat karena motornya dicicil buat dipakai ngojek,”keluh Hasniar,warga Salutellue. Lurah Luminda David Escoda mengakui, sebanyak 59 RTS dari 117 RTS penerima raskin di Luminda dikeluarkan dari daftar RTS penerima raskin karena dinilai kehidupannya sudah tidak masuk dalam kategori kurang mampu yang layak menerima raskin.

0 komentar:

Posting Komentar